Preaload Image
  • Dale Morin posted an update 2 years, 5 months ago

    Sariagri – Kosmetik atau umum dikatakan make-up merupakan zat perawatan yang dipakai untuk menambah performa, percantik, mempromokan daya magnet, serta mengganti performa khususnya di kehidupan wanita. Type dari kosmetik mencakup cream kulit, lotion, bedak, lipstik, atau beberapaya.

    Selainnya bikin cantik, kosmetik pun berfungsi untuk arah kesehatan, dimulai dari menyelesaikan jerawat, buat perlindungan kulit dari dampak jelek cahaya matahari, menghidrasi, serta memberikan nutrisi kulit, dan menantang tanda-tandanya penuaan. Walaupun begitu, wanita mesti teliti serta mengerti material dasar kosmetik yang difungsikan.

    Biasanya, bahan gabungan kosmetik adalah dari senyawa kimia yang aman. Seperti, coal tar, benzalkonium chloride, triclosan, serta yang lain. Tapi, ada realitas unik yang harus Sahabat Agri pahami. Paduan pewarna kosmetik yang digunakan nyatanya satu diantaranya memanfaatkan serangga cochineal.

    Serangga cochineal yaitu serangga yang diketahui selaku perona alami asal dari Amerika Selatan. Serangga ini hidup di kaktus dalam genus opuntia, memberikan makan pada kelembapan dan gizi tanaman. Serangga ini ditemui di bantalan kaktus pir berduri, selanjutnya disikat serta dikeringkan.

    Serangga cochineal hasilkan asam carminic yang terhindar dari serangga lain. Asam carminic, rata-rata 17-24% dari berat serangga kering, bisa diekstrak dari badan dan telur, lantas di gabung dengan alumunium atau garam kalsium buat bikin bahan warna pada makanan dan lipstik.

    Perona carmine dipakai di Amerika tengah pada masa ke-15 untuk memberi warna kain dan jadi barang export yang perlu sepanjang kurun penjajah. Selesai pigmen sintetis dan bahan warna seperti alizarin dijumpai dalam akhir era ke-19, produksi perona alami dengan cara bertahap menyusut.

    Ketenaran perona cochineal makin meningkat hingga keinginan udah bikin budidaya serangga ini begitu memberi keuntungan. Peru jadi exportir paling besar di dunia yang mengekspor serangga kecil ini.

    Di Indonesia sendiri pewarna yang disantap berbahan serangga tetap menjadi perbincangan. agribisnis Fatwa dari MUI menuturkan jika halal untuk bahan produk perona makanan minuman serta kosmetik dari serangga Cochineal. Pemikirannya merupakan sebab serangga ini dipandang berfaedah serta berikan kebaikan buat manusia. Tidak beresiko memakannya dan tak ada toksin yang mencelakai.