Preaload Image
  • Jamison Abildtrup posted an update 1 year, 11 months ago

    Pengetahuan bukan sesuatu yang sudah jadi tetapi merupkan suatu proses yang berkembang terus-menerus. Guru seharusnya memperhatikan pengetahuan dan bagaimana siswa memperoleh pengetahuannya tersebut, sehingga dapat menunjang proses perolehan pengetahuan lebih lanjut di kelas. Oleh karena itu, koordinasi antara guru kelas dengan pembina ekstra kurikuler harus sinerji dalam pembinaan karakter siswa. Kriteria yang dipergunakan sebagai patokan kelulusan untuk para peserta penerimaan siswa baru on-line adalah Pagu masing-masing sekolah yang dipakai oleh siswa. pendidikan dasar yang ditegakan terus menerus, serta disiplin yang konsisten dan diterapkan secara adil akan memperkokoh keyakinan siswa terhadap perilaku baik. Tujuan pengembangan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan di sekolah dasar adalah menyemaikan nilai-nilai karakter positif siswa SD secara terintegrasi dalam pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi siswa untuk belajar secara aktif dan partisipatif, (Kemendikbud, 2011:7). Yang disiapkan sejak menetapkan tujuan pembelajaran, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran (materi yang dibahas, metode yang digunakan, media yang mendukung serta penilaian yang sesuai) dan evaluasi pembelajaran. Karena yayasan haruslah berdasarkan serta membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka mencapai tujuan pendidiakn nasional. Pendidikan berakar pada budaya bangsa untuk membangun kehidupan bangsa masa kini dan masa mendatang. Kegiatan ekstra kurikuler merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka.

    Atas dasar itu, anak-anak akan bingung bila orang yang menjadi panutannya tidak konsisten, hari ini berbeda dengan hari sebelumnya, apa yang dikatakan tidak sama dengan yang dilakukan. Jangan dibiarkan perbuatan keliru anak berlangsung lama, kenakalan anak bisa jadi bukan kesengajaan berbuat buruk, akan tetapi kekeliruan meniru figur yang tidak benar. Nilai sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan norma yang berfungsi mengatur hak dan kewajiban secara benar dan bertanggungjawab tentu harus menjadi panduan bagi pembinaan peserta didik. Beragam unsur manajemen yang ditawarkan oleh para akhli, akan tetapi secara singkat akan meliputi perencanaan, pengelolaan dan pengawasan. Dewan pendidikan negara bagian bertanggung jawab dalam mengembangkan aturan untuk melaksanakan undang-undang pendidikan yang ditetapkan oleh legislatif. Tentunya kita tidak menginginkan keamanan negara terganggu karena dimungkinkannya memperoleh KTP palsu dan ganda. Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia serta menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya tersebut. Mata pelajaran ini mengajarkan siswa bagaimana memelihara kesehatan fisik dan mental serta memahami aspek keselamatan.

    3. Ada dampak nyata dan terukur peran serta masyarakat terhadap perkembangan pendidikan karakter siswa pada semua aspek pendidikan. Dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan program ektrakurikuler yang ada. Penataan unsur non fisik meliputi perumusan visi, misi, program, dan tata tertib sekolah yang secara operasional dijabarkan lagi dalam visi, misi, program dan tata tertib kelas serta masing-masing unit yang ada di sekolah seperti ekstrakurikuler, perpustakaan, dan UKS. 2. Penilaian kinerja Guru BK atau Konselor dihitung secara proporsional berdasarkan beban kerja wajib paling kurang 150 (seratus lima puluh) orang peserta didik dan paling banyak 250 (dua ratus lima puluh) orang peserta didik per tahun. Kandidat Pengurus Harian MPK wajib mengikuti jalannya Pemungutan Suara. Karena SMA Kristen Petra Malang ini bercorak Kristen, sehingga bagi peserta didik yang beragama Kristen diwajibkan untuk mengikuti kebaktian yang dilaksnakan setiap hari jum’at. Mulai tahun 2009, mekanisme penyaluran dana BOS pada madrasah negeri mengalami perubahan, yaitu langsung dikelola oleh Satker Madrasah masing-masing dengan mengikuti mekanisme pengelolaan anggaran dalam DIPA. Bagi mereka, yang baik (the good) adalah yang dilakukan oleh orang dewasa, apa yang disetujui orang dewasa. Misalnya orang tua memberikan petuah atau contoh perilaku yang berbeda dengan pelajaran dan contoh perilaku gurunya, bahkan merekapun menyimak perilaku temannya di sekolah maupun di luar, media komunikasi seperti film dan TV juga sering mempertontonkan perilaku yang immoral.

    Kebingungan anak terhadap nilai, sering terjadi ketika mereka melihat sejumlah contoh perilaku yang berbeda. Bila terjadi perbedaan penampilan atau pandangan antara orang tuanya dengan pandangan dan penampilan guru, maka siswa sekolah dasar, khususnya siswa kelas-kelas awal akan lebih mempercayai gurunya dibandingkan orang tuanya, meskipun orang tuanya guru sekolah dasar juga. Kepala sekolah dan juga guru punya ”otoritas kebaikan dan kebenaran” yang lebih tinggi dibanding dengan orang dewasa lain, termasuk bila dibandingkan dengan Bapak dan Ibunya di rumah. Membiasakan perilaku baik di sekolah dasar harus diawali dari hal-hal kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, berjalan di sebelah kiri, mengetuk pintu kalau masuk, mengucapkan salam, membuka dan menutup dengan hati-hati dan dilihat agar tidak membentur orang. Jika tanpa mempertimbangkan aspek-aspek kehidupan ekonomi sehari-hari, legitimasi tersebut tidak pantas dan tidak kontekstual untuk ukuran kondisi Indonesia saat ini, apalagi mengeluarkan aturan yang bersifat mengancam. Spirit dan nilai tersebut menjiwai serta mewarnai pembuatan struktur organisasi sekolah, deskripsi tugas, sistem dan prosedur kerja, kebijakan dan aturan sekolah, tata tertib sekolah, hubungan vertikal dan horizontal antar warga sekolah, acara ritual, seremonial sekolah, yang lambat laun akan membentuk kualitas kehidupan fisiologis maupun psikologis sekolah, sehingga membentuk perilaku warga sekolah.